Pesta Nama St. Ambrosius 2020

Tidak ada komentar


 

Pesta Nama St. Ambrosius yang ke-4 tahun 2020 terselenggara dalam situasi yang sangat spesial, dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Segala acara yang terlaksana terasa jauh berbeda dengan acara Pesta Nama tahun-tahun yang lalu, terutama karena pemberlakuan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, membuat acara-acara yang dijalankan dengan cara sesederhana mungkin, dan tidak membuat kerumunan umat maupun masyarakat sekitar. Namun Panitia berpegang pada tema yang diambil dari Rapat Karya Paroki Villa Melati Mas tahun 2020 yaitu “Gereja Yang Bersahabat Dan Menjadi Berkat Bagi Masyarakat”. Oleh karena itu, seluruh rangkaian acara berkiblat pada satu tujuan : Menjadi Sahabat dan Berbagi Berkat.

Rangkaian acara yang dimulai dengan Novena St. Ambrosius dan Rosario (27 November s/d 05 Desember 2020), dilanjutkan dengan acara Bakti Sosial (28 November 2020), dengan puncak acara yaitu Misa Pesta Nama St. Ambrosius yang diawali Pemberkatan Pembangunan Rumah BERKAT, Pemberkatan Rumah SOBAT, dan Penanda-tanganan Prasasti Peresmian Rumah SOBAT (06 Desember 2020). Pada akhir misa ditutup dengan Virtual Choir oleh umat Gereja St. Ambrosius yang menyanyikan lagu Mars Ambrosius secara virtual. Setelah misa selesai, dilakukan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan syukur. Masih terkait dengan rangkaian acara perayaan Pesta Nama, pada tanggal 12 Desember 2020 dilangsungkan live streaming acara GeMaTi edisi khusus Pesta Nama St. Ambrosius.

Kesuksesan rangkaian acara Pesta Nama kali ini terjadi karena keterlibatan 51 lingkungan yang ada di Paroki Villa Melati Mas yang berpartisipasi antara lain dengan kemurahan hati lingkungan untuk berdonasi bagi acara Pesta Nama, partisipasi umat dalam menyanyikan Mars Ambrosius dalam bentuk Virtual Choir, partisipasi umat dalam mengikuti Novena St. Ambrosius secara virtual maupun saat misa harian/ mingguan dan partisipasi umat mengikuti acara Live Streaming GeMaTi edisi khusus Pesta Nama St. Ambrosius.

Panitia acara Pesta Nama St. Ambrosius ke-4 mulai dibentuk pada rapat pertama tanggal 29 Oktober 2020, dimana DPH menentukan 4 lingkungan sebagai panitia acara Pesta Nama. Adapun lingkungan-lingkungan yang terpilih untuk menjadi panitia acara ini adalah Lingkungan St. Regina, Lingkungan St. Paulus dari Tarsus, Lingkungan St. Emmanuel, Lingkungan St. Petrus Kanisius.

Rapat pertama panitia yang terdiri dari 4 lingkungan tersebut, didampingi oleh DPH yakni Bapak Gregorius Suritno, Bapak Handy Sentosa, dan Bapak Rudy Kokanada. Dalam beberapa rapat berikutnya kepanitiaan lengkap telah terbentuk, di mana masing-masing lingkungan yang terlibat mengikutsertakan umat mereka dalam tim-tim yang akan bertugas dalam kepanitiaan.

Berjalannya Rangkaian Kegiatan 

1. Novena St. Ambrosius dan Devosi Melalui Rosario Keluarga St. Ambrosius


 

Novena St. Ambrosius tahun ini berbeda, karena bersinergi dengan Tim Liturgi, Tim GeMaTi, dan Tim KOMSOS. Pada tahun ini, mulai diperkenalkan Devosi melalui Rosario Keluarga St. Ambrosius, yang doa-doanya diajarkan oleh St. Ambrosius, dan umat mendaraskan agar St. Ambrosius mendoakan umat. Kegiatan Novena dan Devosi melalui Rosario Keluarga St. Ambrosius dimulai pada tanggal 27 November 2020 sampai dengan tanggal 5 Desember 2020. Novena hari pertama dimulai bersamaan dengan Misa Harian pukul 19.30. Untuk Novena yang bertepatan hari Selasa dan Jumat bergabung dengan Misa Harian (Novena hari kelima dan kedelapan). Khusus pada hari kedua dan kesembilan, Novena dan Devosi melalui Rosario Keluarga St. Ambrosius bersinergi dengan Doa GeMaTi, pada hari Sabtu pukul 18.00 yang disiarkan secara langsung (Live Streaming) oleh tim KOMSOS. Selanjutnya, Novena hari ketiga bergabung dengan Misa Hari Minggu Adven Pertama pukul 09.00, diawali dengan Doa Rosario Keluarga St. Ambrosius. Hari keempat, keenam, dan ketujuh Ibadat Novena dan Rosario Keluarga St. Ambrosius dipimpin oleh Prodiakon, ditayangkan secara Live Streaming di channel YouTube KOMSOS pukul 19.30. Seluruh acara Novena dan Devosi Rosario Keluarga St. Ambrosius berjalan dengan baik dan lancar berkat dukungan dari Romo Paroki Yosef Natalis Kurnianto Pr., Romo Rekan Pius Novrin Arimurthi Pr., para Prodiakon, dan petugas Liturgi yang bekerja sama dengan seluruh pihak yang terlibat.

 

2. Bakti Sosial





 

Dalam proses persiapan Bakti Sosial berupa pemberian paket sembako kepada umat lingkungan, warga sekitar, petugas keamanan, dan kebersihan; Tim acara panitia Pesta Nama bekerja-sama dengan Tim PSE untuk mengetahui jumlah paket yang diperlukan. Pada tanggal 27 November 2020, panitia menyiapkan 330 paket yang akan dikirimkan pada keesokan harinya. Pada tanggal 28 November 2020, panitia dibagi menjadi beberapa rombongan berbeda untuk mengirimkan bantuan paket sembako. Pada kesempatan ini, Romo Pius Novrin Arimurthi, Pr., mengikuti acara serah terima kepada warga Kampung Baru melalui ketua RW 08 yaitu Bapak Ustadz Masrur. Disamping itu, paket bantuan juga diserahkan kepada warga Buaran Timur melalui Bapak Ustadz Yudi sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia. Dalam kesempatan ini warga menyampaikan terima kasih dan sangat antusias untuk berpartisipasi kembali bila Gereja St. Ambrosius mengadakan acara dikemudian hari setelah masa pandemi berakhir. Selain itu, paket bantuan juga diberikan kepada Bapak Mumu selaku tokoh masyarakat sekitar yang terlibat dalam kelancaran proses perizinan pembangunan Gereja.

 

3. Perayaan Pesta Nama 6 Desember 2020




 

Persiapan dimulai pada tanggal 4 Desember 2020 dengan pemindahan maket Gereja St. Ambrosius ke depan area Gereja. Pada tanggal 5 Desember 2020, Tim liturgi dan dekorasi mulai bekerja keras mempersiapkan kebutuhan dekorasi dan altar tempat acara akan berlangsung. Tim perlengkapan dibantu seluruh yang hadir, baik yang tergabung dalam panitia maupun yang bukan, bahu-membahu menyiapkan lokasi untuk acara keesokan harinya. Pada hari Minggu pagi, seluruh panitia dibantu para sukarelawan (baca: teman-teman non panitia) menyiapkan lokasi dengan membersihkan bekas hujan. Lalu tepat pukul 08.20, Romo Vikjen, Samuel Pangestu, Pr., Romo Yosef Natalis Kurnianto, Pr., dan Romo Pius Novrin Arimurthi, Pr. memulai perjalanan dari pastoran menuju ke area Pembangunan Rumah BERKAT. Prosesi Pemberkatan kemudian dilanjutkan ke rumah SOBAT. Selesai penanda-tanganan prasasti oleh Romo Samuel Pangestu, Pr. di depan Gereja, dilanjutkan dengan Misa Perayaan Pesta Nama St. Ambrosius. Dalam homilinya, selain mengucapkan proficiat atas Pesta Nama St. Ambrosius yang ke-4, Romo Samuel Pangestu, Pr. juga mengingatkan untuk berserah dan hanya melihat kepada Tuhan Yesus. Dalam pemaparan oleh Romo Yosef Natalis Kurnianto, Pr., dijelaskan fungsi dan tujuan dari rumah SOBAT dan rumah BERKAT yang akan menjadi salah satu sarana bagi Gereja untuk menjadi sahabat dan berkat bagi masyarakat. Setelah berkat penutup, diputarkan Virtual Choir. Setelah selesai Perayaan Misa, dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Romo Samuel Pangestu, Pr. sebagai ungkapan syukur, dan menandai berakhirnya rangkaian acara pada hari itu.

 

4. GeMaTi Edisi Khusus Pesta Nama St. Ambrosius



 

Pada tanggal 12 Desember 2020 pukul 18.00 dimulai penayangan live streaming GeMaTi edisi khusus Pesta Nama. Lokasi Aula Gereja sudah disibukkan oleh Tim dekor dan panitia yang mempersiapkan lokasi shooting. Untuk menambah kesan spesial dalam edisi kali ini, Tim GeMaTi dan panitia Pesta Nama berhasil mengumpulkan 20 hadiah door prize ditambah grand prize berupa 1 unit sepeda MTB (mountain bike). Acara dimulai dengan mendoakan Doa Malaikat Tuhan yang dipimpin oleh Romo Pius Novrin Arimurthi, Pr. Kemudian MC membawakan kaleidoskop Gereja St. Ambrosius dalam bentuk wawancara dan penayangan cuplikan video, mulai dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Proses penayangan dan penjabaran kaleidoskop diselingi dengan performance berupa talenta-talenta yang luar biasa dari umat Gereja St. Ambrosius. Mulai dari memainkan instrumen musik, tari-tarian, hingga nyanyian. Disamping itu juga diadakan quiz yang diselenggarakan dalam 4 sesi terpisah, dimana masing-masing sesi memperebutkan 5 hadiah yang pemenangnya dipilih secara acak dari umat yang menjawab secara benar melalui media live chat. Respon yang luar biasa antusias dari penonton (viewer) membuat panitia bekerja keras untuk menentukan 5 pemenang yang menjawab secara benar dan dalam format yang benar. Romo Pius Novrin Arimurthi, Pr. bahkan berpartisipasi dalam membacakan pertanyaan quiz yang menambah semarak acara. Ratusan umat yang mengikuti live streaming GeMaTi edisi khusus Pesta Nama juga diberi informasi berupa liputan rangkaian acara yang telah berlangsung, mulai dari Novena-Rosario, Bakti Sosial, Pemberkatan Pembangunan rumah BERKAT, Pemberkatan rumah SOBAT, Penanda-tanganan prasasti untuk rumah SOBAT, Misa Perayaan Pesta Nama, Virtual Choir, Pemotongan Tumpeng, hingga puncak acara yang berkolaborasi dengan GeMaTi. Sebelum acara ditutup, Romo Yosef Natalis Kurnianto, Pr. memberikan kata sambutan sekaligus menjelaskan secara singkat mengenai gerakan-gerakan yang berlangsung dalam mewujudkan Gereja yang bersahabat dan menjadi berkat. Kemudian Romo Yosef Natalis Kurnianto, Pr diberi hadiah kejutan berupa lukisan potret Gereja St. Ambrosius dengan gambar Romo Yosef Natalis Kurnianto, Pr. dan umat di depan Gereja. Penyerahan hadiah kejutan diberikan oleh Chloe Annelle Theophilia dari lingkungan St. Kristoforus, yang sekaligus sebagai pelukis dari gambar yang diberikan tersebut. Acara lalu ditutup dengan menerima berkat Tuhan yang disampaikan melalui Romo Pius Novrin Arimurthi, Pr.

Seluruh rangkaian acara Pesta Nama St. Ambrosius terselenggara sebagai hasil dari kerja keras Panitia Pesta Nama yang didukung sepenuhnya oleh semua pihak. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Romo Yosef Natalis Kurnianto, Pr., Romo Pius Novrin Arimurthi, Pr., Ibu/Bapak DPH, Tim GeMaTi, Tim KOMSOS, OMK, Tim PSE, Tim Kreatif, Tim BERKAT, Tim Liturgi, Panitia Pesta Nama, dan tentunya umat yang secara tulus telah mendukung dan menyukseskan acara ini. 

Oleh: Petrus Tjandrasa  


FOTO SELENGKAPNYA SILAKAN DILIHAT DI
FOLDER 1, FOLDER 2, FOLDER 3, FOLDER 4, FOLDER 5, FOLDER 6


Tidak ada komentar

Posting Komentar