Sosialisasi Gerakan BERKAT & Teknisnya

Tidak ada komentar

Tanggal 12 Januari 2020 lalu bertepatan dengan Pesta Pembaptisan Tuhan Gereja St Ambrosius Paroki Villa Melati Mas menandai Tahun Keadilan Sosial dengan penanaman pohon pule dan launching 18 gerakan seperti terlihat di baliho yang ada di parkiran gereja. Tahun Keadilan Sosial merupakan pengamalan sila ke 5 dari Pancasila dengan tag line: KITA ADIL, BANGSA SEJAHTERA. Salah satu gerakan yang disosialisasikan adalah Gerakan BERKAT (Gerakan BERbagi Kasih dengan kemurahan hATi).

Seperti yang disampaikan oleh Romo Yosef Natalis Kurnianto Pr dalam sambutannya pada Rapat Dewan Pleno hari Minggu tanggal 19 Januari 2020 lalu, seperti halnya gereja Keuskupan Agung Jakarta, gereja St Ambrosius ingin bertransformasi dari Gereja yang Berdoa dan Berdevosi menjadi Gereja yang Bersaksi dan Berbagi dengan mewujudkan pembangunan infrastruktur sarana dan juga aksi nyata karya sosial paroki seperti yang ada pada visi misi gereja St Ambrosius. Gerakan BERKAT merupakan gerakan yang tak terpisahkan dari gerakan GEMATI (Gerakan Mewujudkan Doa Dengan Kemurahan Hati) yang dimulai untuk membangun habitus doa bersama di dalam keluarga yang pastinya merupakan tantangan kita semua sebagai keluarga modern di jaman yang serba sibuk seperti saat ini.

Dari Gerakan GEMATI, diharapkan terbangun habitus doa yang kemudian diwujudkan dalam ungkapan hati kita yang bersyukur untuk kemudian kita terpanggil untuk berbelas kasih dan berbela rasa dalam menghadirkan wajah Allah di dalam masyarakat sekeliling kita melalui Gerakan BERKAT.

Jika kita mengibaratkan GEMATI sebagai proses pemupukan yang ada di dalam penanaman sebuah pohon, maka BERKAT adalah buah-buah yang kita hasilkan yang bisa bermanfaat bagi sesama kita.


AMPLOP BERKAT

Di Gerakan BERKAT, tim PPGKPSD (Panitia Pembangunan Gedung Karya Pastoral dan Sarana Devosional) memperkenalkan amplop BERKAT berwarna hijau, biru muda dan biru tua.

Amplop BERKAT berwarna hijau diperuntukan bagi umat di luar Gereja St Ambrosius, Paroki Villa Melati Mas sedangkan amplop berwarna biru muda dan biru tua digunakan untuk internal umat dan lingkungan di Gereja St. Ambrosius.


TEKNIS PELAKSANAAN

Bagaimana teknis dan cara umat berpartisipasi dalam Gerakan BERKAT ini?

Ketua Lingkungan ataupun Bendahara Lingkungan yang secara ex officio merupakan bagian dari Tim PPGKPSD akan membagikan amplop BERKAT berwarna biru muda (lihat gambar) kepada umat di lingkungannya.

Apa yang diharapkan umat dalam Gerakan BERKAT ini?
1. Dukungan doa umat dengan mendoakan DOA SOLIDARITAS SESAMA & DOA PENYERAHAN ST. AMBROSIUS (LEMBAR DOA ada di dalam Amplop BERKAT berwarna Biru Muda). Harapan gereja adalah umat berpartisipasi secara serentak mendoakan agar proses pembangunan Gedung Karya Pastoral dan Sarana Devosional berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kita semua
2. Umat Gereja St. Ambrosius yang mendukung dalam doa juga bisa mengungkapkan rasa syukurnya dengan menyisihkan sebagian berkat yang diperolehnya dengan mengisi kartu Gerakan BERKAT
3. Setiap Minggu pertama setiap bulannya, umat di lingkungan menyerahkan Amplop Berkat berwarna biru muda yang dibagikan oleh pengurus lingkungan kepada pengurus lingkungan (Ketua Lingkungan atau Bendahara Lingkungan) dengan mengisi partisipasi yang tertera dalam kartu BERKAT yang kemudian ditandatangani/paraf oleh umat dan juga bendahara lingkungan)

4. Amplop Biru muda yang dikumpulkan di pengurus lingkungan akan direkapitulasi dan dihitung untuk kemudian dipindahkan ke Amplop BERKAT berwarna Biru Tua (yang hanya dipegang oleh Ketua Lingkungan). Amplop Biru muda yang sudah selesai direkapitulasi akan dikembalikan kepada umat lingkungan untuk kemudian diserahkan kembali di Minggu pertama bulan berikutnya.
5. Amplop Biru Tua yang berisi partisipasi umat lingkungan yang telah direkapitulasi  dipersembahkan oleh Ketua Lingkungan kepada gereja di kotak persembahan BERKAT yang telah disiapkan pada setiap perayaan Ekaristi di Misa Minggu ke 2.
6. Amplop Biru Tua kemudian akan dihitung oleh Bendahara dan Tim PPGKPSD untuk kemudian disetorkan kepada Bendahara Paroki. Amplop Biru Tua akan diserahkan kembali ke kotak lingkungan setiap Minggu ke 3 untuk kemudian dipersembahkan kembali ke gereja di Minggu ke 2 bulan berikutnya.
7. Dana hasil pengumpulan Gerakan BERKAT setiap bulannya akan diupdate melalui media gereja yang akan ditayangkan sebelum/sesudah misa untuk informasi dan ucapan terima kasih atas dukungan doa dan partisipasi Gerakan Berkat


PARTISIPASI UMAT DARI LUAR PAROKI

Umat di luar Paroki Villa Melati Mas yang ingin berpartisipasi dalam doa dan gerakan BERKAT ini dapat meminta amplop BERKAT berwarna hijau kepada sekretariat paroki setiap jam kerja.

Alur teknis penyerahan dan pengambilan amplop BERKAT berwarna Hijau hampir serupa dengan amplop BERKAT berwarna Biru Muda yaitu sebagai berikut:

1. Dukungan doa umat Katolik di luar paroki St. Ambrosius dengan mendoakan DOA SOLIDARITAS SESAMA & DOA PENYERAHAN ST. AMBROSIUS (LEMBAR DOA ada di dalam Amplop BERKAT berwarna Hijau) agar proses pembangunan Gedung Karya Pastoral dan Sarana Devosional berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana gereja.
2. Umat luar Gereja St. Ambrosius yang mendukung dalam doa juga bisa ikut mengungkapkan rasa syukurnya dengan menyisihkan sebagian berkat yang diperolehnya dengan menyisihkan dana ke dalam Amplop warna Hijau tsb.
3. Amplop Hijau yang berisi partisipasi umat luar paroki dipersembahkan kepada gereja di kotak persembahan BERKAT yang telah disiapkan pada setiap perayaan Ekaristi di Misa Minggu ke 2.
4. Amplop Hijau tsb kemudian akan dihitung oleh Bendahara dan Tim PPGKPSD untuk kemudian disetorkan kepada Bendahara Paroki. Amplop Hijau dapat diambil kembali di sekretariat paroki setiap Minggu ke 3 untuk diserahkan kembali pada misa Minggu ke 2 di bulan berikutnya.
5. Dana hasil pengumpulan Gerakan BERKAT setiap bulannya akan diupdate melalui media gereja yang akan ditayangkan sebelum/sesudah misa untuk informasi dan ucapan terima kasih atas dukungan doa dan partisipasi Gerakan Berkat


KEBERSAMAAN DALAM DOA DAN PERSEMBAHAN

Pada akhirnya Gerakan BERKAT ini ingin menggugah seluruh umat Katolik yang ada di Gereja St. Ambrosius Paroki Villa Melati Mas untuk bahu membahu mendoakan secara terus menerus dan berbela rasa dalam mewujudkan cita-cita gereja tidak hanya menjadi gereja yang hanya berdoa dan berdevosi saja, namun juga menjadi gereja yang mewujudkan wajah Allah kepada sesama khususnya yang ada di seputaran gereja St. Ambrosius. Dengan itu umat ikut menjadi bagian dari Gereja yang Bersaksi dan Berbagi melalui Karya Sosial Paroki dan Pastoral Evangelisasi Gereja. Tidak ada pemaksaan dalam gerakan ini, artinya apabila umat hanya mampu berpartisipasi dalam doa saja tetapi tidak secara materi juga tidak apa-apa. Namun seperti dalam perikop persembahan janda miskin, Allah lebih menghargai kerelaan umat dalam memberikan persembahan yang ditunjukan oleh janda miskin dengan mempersembahkan yang ia miliki, yaitu hidupnya.

Gerakan Berkat ini bukan sekedar menyumbang atau pengumpulan dana saja. Tetapi seluruh umat diajak untuk terlibat mewujudkan karya Allah sungguh bisa hadir di paroki kita dengan karya-karya pelayanan yang akan dilakukan dengan berdirinya Gedung Karya Pastoral ini.

Akhir kata, Gedung Karya Pastoral dan Sarana Devosional yang akan kita bangun ini adalah milik kita bersama sehingga marilah kita bersatu bahu membahu mewujudkannya agar sarana Doa dan Devosi serta Karya Sosial Gereja bisa kita wujudkan segera. Tim PPGKPSD tidak akan mampu mewujudkannya tanpa dukungan doa dan partisipasi seluruh komponen gereja.

Selamat mengikuti GERAKAN BERKAT. Tuhan memberkati kita semua.

“Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.” (2 Korintus 9:7)

Tidak ada komentar

Posting Komentar