Sumpah Pemuda dan Baksos [28 Okt 2018]

Tidak ada komentar











Dengan persiapan yang relatif pendek, Orang Muda Katolik (OMK) Paroki VMM mampu menjalankan perayaan Hari Sumpah Pemuda di Kelurahan Jelupang bersama warga setempat dengan lancar. Dalam perayaan Hari Sumpah Pemuda, 28 Okt 2018, OMK Paroki Villa Melati Mas berkolaborasi dengan “tetangga”  Gereja HKBP dan muda-mudi dari Mesjid Al Muhajirin di RW 06 dalam upacara Hari Sumpah Pemuda di lapangan Kelurahan Jelupang. Perayaan hari besar nasional itu menjadi “mile stone” kecil, sinergi anak muda dari berbagai latar belakang tanpa membedakan SARA, mengedepankan  rasa persatuan dan kebersamaan menyumbangkan kreativitas yang mereka miliki bagi masyarakat.



 






Sebagai rangkaian acara, setelah upacara diselenggarakan kerja bakti dan ditutup makan bersama nasi liwet. Kegiatan yang sederhana ini  sebagai awal  membangun kesetaraan, karena baru pertama kali diselenggarakan kerjasama pemuda pemudi Kelurahan Jelupang yang kemudian akan mereka pergunakan sebagai modal untuk bekerjasama dalam acara kebersamaan lainnya.







Wujud nyata kebersamaan lainnya,   mereka melakukan kegiatan inspiratif bagi masyarakat dengan merapikan tempat yang mengganggu pemandangan wajah lingkungan, karena digunakan oleh oknum untuk membuang sampah dan tembok yang dicoret oleh tangan - tangan jahil.





Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemuda pemudi Jelupang walaupun tergolong sederhana, namun ketika berani memulai dan melakukan secara bersama-sama dengan berbagai latar belakang anak muda seputar Paroki, menjadi kegiatan yang bernilai monumental. Sekelompok kecil multi latar belakang seolah menjadi potret aktualisasi makna Sumpah Pemuda yang di gaungkan 90 tahun yang lalu.

Bagi Paroki, kegiatan OMK bersinergi dengan lingkungan sekitar, yaitu bersama pemuda pemudi di  Kelurahan Jelupang dengan berbagai latar belakang, merupakan kegiatan yang selaras dengan gerakan transformative di “Tahun Persatuan”, tahun 2018 yang disepakati oleh seluruh Paroki di Keuskupan Agung Jakarta.

Semoga aktualisasi gerakan transformative di ujung “Tahun Persatuan” ini, menjadi hikmat bagi kita semua sehingga nanti di tahun depan, tahun 2019, seluruh umat Paroki lebih termotivasi untuk mengejawantahkan gerakan transformative lainnya yang telah di rancang dengan matang oleh KAJ yaitu “Kita Berhikamat Bangsa Bermartabat”.



Foto-foto lainnya bisa dilihat di sini 

 

 

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar