[TAU GA?] Apa Arti Masa Adven?

Tidak ada komentar

Kata Adven berasal dari kata Latin "adventus", sedang kata Yunaninya "parousia", artinya: kedatangan. Maka masa Adven diartikan “waktu penantian kedatangan Tuhan”, yaitu Yesus Kristus. Walau memiliki arti yang sama Adven dan Paraosia, tetapi dalam penerapannya berbeda. Adven lebih difahami sebagai kedatangan Yesus yang pertama sebagai Mesias penebus manusia, dengan kedatangan-Nya ke dunia, dengan penderitaan-Nya, wafat dan kematian-Nya, sehingga kita layak menjadi anak-anak Allah (Gal 4:5). Parousia fokus pada kedatangan-Nya yang kedua, dengan kebangkitan-Nya dan kenaikan-Nya ke Sorga, duduk di sisi kanan Allah Bapa, dari situ Dia akan datang kembali untuk mengadili semua orang, yang hidup dan yang mati (1 Pet 3:22, Kis.10:42).

KGK No.524: Dalam perayaan liturgi Adven, Gereja menghidupkan lagi penantian akan Mesias; dengan demikian umat beriman mengambil bagian dalam persiapan yang lama menjelang kedatangan pertama Penebus dan membaharui di dalamnya kerinduan akan kedatangan-Nya yang kedua. Dengan merayakan kelahiran dan mati syahid sang perintis, Gereja menyatukan diri dengan kerinduannya: "Ia harus makin besar dan aku harus makin kecil" (Yoh 3:30).

Jadi semakin jelaslah bagi kita bahwa dalam masa Adven, gereja mengajak kita mempersiapkan diri dengan pertobatan, hingga kita layak menyambut kedatangan-Nya yang kedua. Persiapan terbaik adalah dengan lebih sering menerima Sakramen Ekaristi dan juga menerima Sakramen Tobat. Sakramen Ekaristi menyadarkan kita akan kasih Allah yang memberikan Putera-Nya untuk bersatu dengan kita. Sakramen Tobat menyadarkan bahwa kita sebenarnya tidak layak menyambut Kristus karena dosa-dosa kita, namun Kristus datang ke dunia untuk menyelamatkan kita dari belenggu dosa itu. Masa Adven adalah waktu yang tepat untuk terus bertekun dalam doa-doa pribadi dan membaca Kitab Suci. Adalah lebih baik bila mengikuti bacaan Kitab Suci sesuai kalender Gereja, karena telah disusun untuk memperingati kedatangan-Nya yang pertama dan persiapan kedatangan-Nya yang kedua.

Oleh karena itu, masa Adven hendaklah diisi dengan pertobatan sebab memang pertobatanlah yang diserukan oleh Yohanes Pembaptis agar kita layak menyambut Yesus Kristus (Luk.3:3). Dengan demikian kita akan layak menerima keselamatan yang telah datang dari Tuhan yaitu “kelahiran Yesus di Betlehem” dan kedatangannya kelak sebagai “Hakim Agung akhir jaman”.


(ALB)

Credit Image: catholicnewsagency.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar