Sekilas Sejarah Tentang Doa Rosario

Tidak ada komentar

Doa Rosario pada hakekatnya adalah:
  • Doa renungan. Sambil mendaraskan doa Salam Maria berulang 10 kali, kita merenungkan salah satu misteri kehidupan Kristus yang dirangkai dalam rosario.
  • Ringkasan Injil. Karena di dalamnya dirangkai sejarah keselamatan manusia mulai dari inkarnasi sampai kebangkitan dan kenaikan Tuhan.
Menurut tradisi St. Dominic 1221 yang menyebarkan doa rosario.

Doa rosario mulai populer tahun 1600-1700 an, terutama setelah kemenangan pasukan Katholik di Lepanto, 1571. Saat itu Eropa diserang kerajaan Ottoman, sehingga ancaman genting bahwa Kristen akan punah di Eropa. Pasukan Turki telah melampaui pasukan Kristen di Spanyol, Genoa dan Venesia. Menghadapi ancaman ini, Paus Pius V memerintahkan umat Katholik untuk berdoa rosario memohon doa Bunda Maria, agar pasukan Katholik beroleh kemenangan. Perintah ini dilaksanakan Don Juan, komandan armada pasukan Katholik. Demikian juga umat di seluruh Eropa memohon bantuan Bunda Maria. Pada 7 Oktober 1571, Paus Pius V bersama dengan umat berdoa rosario di Basilika Santa Maria Maggiore sejak subuh sampai petang. Walaupun nampaknya mustahil, tapi pada akhirnya pasukan Katholik menang pada tanggal 7 Oktober tersebut.

Paus Pius V menetapkan peringatan Rosario dalam Misa di Vatikan setiap tanggal 7 Oktober. Kemudian Paus Gregorius XIII, menetapkan tanggal 7 Oktober itu sebagai Hari Raya Rosario Suci.

Dirangkum oleh: Alexander Basilius

Credit Image: www.wordonfire.org

Tidak ada komentar

Posting Komentar