Mengembangkan Talenta

Tidak ada komentar

“Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan.
Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya
akan diambil dari padanya (Mat. 25:29)”


Dalam salah satu acara reuni bersama teman-teman SMA, dibuatlah acara makan bersama secara potluck.  Setiap alumnus yang hadir, dipersilakan membawa satu menu makanan untuk dinikmati bersama-sama. Pada hari yang sudah disepakati, ada yang membawa ayam goreng, baso, sambel ati kentang, mie goreng, kue basah dan tak ketinggalan untuk pelengkap menu ada yang membawa pudding dan es buah. Suasana menjadi begitu hangat dan seru. Sambil bercanda mengingat kenangan masa muda, semua yang hadir menikmati hidangan yang terkumpul. Kegembiraan dan kebersamaan begitu terasa dalam acara reuni tersebut. Para ibu-ibu sedikit banyak akhirnya saling bercerita tentang cara memasak hidangan yang dibawa masing-masing, alias bertukar resep makanan. Obrolan santai yang penuh manfaat, dimana yang hadir tidak hanya terbatas dengan berbagi makanannya, tetapi berbagi kisah dan pengalaman yang saling memperkaya satu sama lain.

Bacaan Injil hari ini mengisahkan tentang Kerajaan Surga  sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Setiap orang diberikan talenta sesuai dengan kesanggupannya. Tantangan terbesarnya dari orang yang menerima talenta adalah menerima kepercayaan untuk bisa mengolah bahkan mengembangkannya. Yang membedakan dari setiap hamba adalah bagaimana sikapnya masing-masing. Yang memilih untuk mau berlelah untuk mengolahnya akan mampu mengembangkannya berlipat-lipat. Ada juga yang memilih untuk menyembunyikannya, sehingga tetaplah talenta tersebut dan tidak berkembang.

Sang Pemilik Kerajaan Surga memberikan beragam talenta dalam setiap diri kita umat di Gereja St. Ambrosius. Ada yang diberi talenta dalam bentuk bekerja dibidang penjualan, ada yang diberi talenta dalam bentuk profesi sebagai tenaga medis, ada pula yang diberi talenta sebagai pengusaha dan pedagang online, guru, petani, kontraktor, pengacara, pilot dan tidak ketinggalan sebagai juru masak, pelaut, penata kecantikan, dan sebagainya. Begitu banyak talenta yang dipercayakan dalam setiap pribadi kita. Serupa seperti para hamba yang menerima kepercayaan dari Sang Pemilik Kepercayaan Kerajaan Surga, pertanyaan yang harus dijawab adalah, “Apa yang mau kita lakukan dengan talenta yang sudah dipercayakan kepada kita? ”

Paroki Villa Melati Mas – Gereja St. Ambrosius berada di titik yang sama seperti para hamba yang dipercayakan menerima talenta dari sang pemilik. Hanya ada dua pilihan dihadapan kita, yaitu ikut mengembangkannya atau malah memilih mendiamkannya dengan segudang argumen pembenaran. Bacaan hari ini mengingatkan kita, ketika kita memilih untuk mau terlibat dalam mengembangkan talenta, yaitu mau terlibat untuk memberikan diri dari apa yang kita miliki, maka niscaya kita sudah ikut ambil bagian dalam kebahagiaan dan kegembiraan sang Pemilik Kerajaan Surga.

Mengembangkan talenta, jelas bukan perkara duduk manis dan bahagia semata. Sang Pemilik jelas mengatakan, “engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar.”  Ungkapan setia dalam perkara, baik perkara kecil maupun perkara besar, jelas menegaskan adanya sebuah pemberian diri dalam sebuah mengembangkan talenta yang sudah dipercayakan oleh sang Pemilik. Jadi soal pemberian diri tidak bisa disederhanakan dalam bentuk menyisihkan sejumlah uang semata saja. Pemberian diri yang paling terasa adalah soal memberikan waktu, apalagi di tengah kesibukan dan perjuangan hidup sehari-hari.

Paroki Villa Melati Mas – Gereja St. Ambrosius memiliki program BERKAT (Berbagi Kasih Dengan Kemurahan Hati) dan SOBAT (Solidaritas Berbagi Berkat), yang memberikan kesempatan bagi kita untuk mengembangkan talenta yang sudah dipercayakan oleh sang Pemilik Kerajaan Surga kepada kita. Gedung Karya Pastoral yang akan segera dibangun pun, merupakan wadah bagi kita untuk mewujudkan berbagi BERKAT (talenta) yang sudah kita miliki. Gedung Karya Pastoral menjadi tempat bagi seluruh umat Paroki Villa Melati Mas menghadirkan karya sosial Gereja. Karya sosial yang dibangun nantinya di dalam Gedung Karya Pastoral, menjadi wujud nyata menghadirkan kegembiraan Kerajaan Surga bagi banyak orang.

Seperti kisah reuni dengan potluck-nya, hadirnya Gedung Karya Pastoral akan menjadi kisah umat  Paroki Villa Melati Mas – Gereja St. Ambrosius yang mau memberikan dirinya untuk ikut terlibat sesuai talenta masing-masing. Dimana, ketika kita mau ikut terlibat dalam mengembangkan talenta yang kita miliki, maka kita diajak masuk dan turut dalam kebahagiaan Sang Pemilik Kerajaan Surga.

(ABD)


Diambil dari bacaan liturgi 15 November 2020
Amsal 31:10-13, 19-20, 30-31
Mazmur 128:1-2, 3, 4-5
1 Tesalonika 5:1-6
Matius 25:14-30

Credit Image: wahclass.com


Tidak ada komentar

Posting Komentar