Serba-Serbi Tentang Doa Rosario

Tidak ada komentar

Mendaraskan doa rosario tanpa pengetahuan dasar yang benar, bisa membawa kita kepada iman yang salah. Baiklah kita mempelajari hal-hal yang perlu kita ketahui bersama.


Doa Rosario adalah ringkasan Injil.

Doa Rosario adalah "rangkuman Injil", didalamnya dirangkai sejarah keselamatan umat manusia yang diwartakan dalam Injil, mulai dari peristiwa inkarnasi sampai dengan kebangkitan dan kenaikan Tuhan. Doa Rosario berisikan ayat-ayat injil yang mengisahkan peristiwa: inkarnasi dan masa kecil Yesus, pewartaan dan pelayanan, peristiwa penangkapan dan sengsara, sampai dengan kebangkitan dan kenaikan-Nya.

Doa Rosario adalah Kristologis.

Doa Rosario adalah salah satu doa Kristiani yang sangat Injili, yang intinya adalah permenungan tentang Yesus Kristus. Rosario dipusatkan pada misteri kedatangan Tuhan kedunia untuk menyelamatkan manusia. Puncak dari doa Rosario: salam Maria,penuh rahmat, Tuhan sertamu, dst.. adalah nama Yesus. Nama ini menjadi puncak dari kabar atau salam malaikat kepada Maria (Luk.1:26-31), maupun dari salam ibu Yohanes Pembaptis (Luk. 1:39-42)

Doa Rosario adalah Kontemplatif.

Doa Rosario adalah doa permenungan, dengan mendaraskan doa salam Maria berulang 10 kali, maka kita merenungkan satu sisi misteri kehidupan Yesus Kristus, doa Rosario merangkum empat sisi misteri kehidupan-Nya, yaitu:
1. kabar Malaikat dan kelahiran (peristiwa gembira),
2. pewartaan dan pelayanan (peristiwa terang),
3. pengadilan dan sengsara (peristiwa sedih)
4. kebangkitan dan kenaikan-Nya (peristiwa mulia).

Doa Rosario haruslah Kristosentris

Doa Rosario haruslah KRISTO-SENTRIS bukan MARIA-SENTRIS, artinya: Kita menyembah Allah sambil berdoa bersama Bunda Maria, sisi misteri kehidupan Yesus yang terangkum didalamnya itulah yang menjadi fokus kita bukan pendarasan doa salam Marianya.. Alasan KRISTOSENTRIS inilah yang menyebabkan Bapa Paus menambahkan peristiwa terang pada tahun 2002. Dengan tambahan peritiwa terang maka doa Rosario menjadi ringkasan Injil yang utuh. Kita tetap fokus pada kontemplasi yang diarahkan oleh peristiwa -peristiwa itu sambil tetap melafalkan:“salam Maria, penuh rahmat,Tuhan serta-Mu, dst.

Dasar Alkitab Doa Rosario

1. Salam Maria penuh rahmat, Tuhan sertamu:
“Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.” (Luk. 1:28)
2. Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus:
“lalu berseru dengan suara nyaring: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.” (Luk. 1:42).
3. Santa Maria Bunda Allah:
“Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?”(Luk. 1:43).
4. Doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati.
“Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” (Yak 5:16).
“Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, –yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota–menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.” (Ef 4:16).

Jadi, kalau semua umat Alllah adalah hidup, walaupun tidak berada di dunia ini dan kita harus saling mendoakan, maka adalah sudah seharusnya kita memohon agar Bunda Maria (yang telah dibenarkan oleh Allah dan pasti telah berada di Sorga) mendoakan kita semua yang masih mengembara di dunia ini.


(ALB)

Credit Image: www.etsy.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar