KIAT BUGAR ALA dr. Rachmat Tjandrasjahan sp Ak

Tidak ada komentar

Bagi orang yang lanjut usia sering sulit/ tidak mampu berolahraga sebagaimana layaknya orang muda. Walaupun demikian ada solusi untuk tetap bugar.  Untuk yang muda dan tidak punya waktu banyak/sibuk pun bisa dicoba. Semoga bermanfaat.



1 . Gosok gosokkan kedua telapak kaki (5x)
2 . Telapak tangan saling bertemu, telapak tangan kanan diatas, putar telapak         tangan kanan searah jarum jam (5x) kemudian putar kearah sebaliknya (5x)
Telapak tangan kiri di atas, putar telapak tangan kiri berlawanan arah jarum jam (5x) dan kemkudian arah sebaliknya (5x).
3 . dengan telapak tangan kanan, tepuk punggung tangan kiri dari ujung sampai keatas sampai keleher sampng kemudian turun sampai ujung tangan lagi, ulangi (5x). Tepuk sebelah dalam tangan kiri dari ujung sampai ketiak dan turun sampai ujung tangan kiri ulangi (5x)
4. Dengan telapak tangan kiri ulangi gerakan no 3 pada tangan kanan.
5 . Wajah digosok gosok dengan kedua telapak tangan(5x)
6 . Sisir rambut dengan jari tangan dari depan kebelakang mulai dari garis tengah kepala sampai kepinggir, tiap area 5x.
7 . Tepuk tengkuk 5x dengan telapak tangan kanan dan kiri bergantian.
8 . tepuk dengan kedua telapak tangan pada kaki kiri mulai dari ujung kaki sampai pangkal paha dan kembali lagi keujung. Tepukan dimulai dari tepukan depan belakang kaki (5x) dan samping kanan kiri kaki (5x)
9 . ulangi gerakan no 8 pada kaki kanan
Posisi berdiri:
10. Tepuk bagian bawah pusar dengan telapak tangan kanan dan kiri bergantian (5x)
11. Tepuk sebelah kiri tubuh dengan telapak tangan kanan mulai dari lipat paha kiri,perut , dada, sampai kepundak kiri kemudian turun ke bawah lagi (5x)
12. Gerakan no 11 dengan telapak tangan kiri untuk sebelah kanan tubuh (5x)
13. Dengan punggung pergelangan kedua tangan gosok gosok pinggang dari atas kebawah (5x)
14. Posisi berdiri, bernapas panjang dan dalam 5x
15. Selesai
Anda merasa segar dan seluruh tubuh terasa hangat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar